Senin, 01 Juni 2015

SEPINTAS CATATAN DASAR KLIMATOLOGI PERTANIAN Bagian #1

SEPINTAS CATATAN DASAR KLIMATOLOGI PERTANIAN
Bagian #1
Peranan ilmu klimatologi dalam pertanian : pada dasarnya yang menentukan tercapainya produksi maksimal berasal dari 60 % genetis dan 40 % agronomi. Namun jangan dianggap remeh 40 % agronomi ini, karena agronomi mencangkupl iklim yang akan mengatur kesemuanya itu dari awal pembibitan (farietas unggul dll) sampai dengan pemanenan dententukan dengan adanya iklmim. Cangkupan yang dipelajari mengenai :
1.      Curah hujan.
2.      Radiasi matahari.
3.      Suhu.
4.      Angin.
Yang dimana keempat unsur inilah yang akan menentukan pembukaan lahan sampai dengan pemanenan. Manfaat klimatolgoi :
1.      Seleksi kultifar.
2.      Memilih wilayah.
3.      Pengaturan waktu tanam  dan pemeliharaan.
4.      Perbaikan iklim.
5.      Penentuan wilayah tanaman.
Istilah yang saya gunakan dalam iklim yaitu “Kenalah tanaman dengan baikk dan benar lalu berikan kecukupan tanaman itu” atas dasar itulah kenapa kita perlu mempelajari klimatologi. Latar yang mendasari mepelajari klimatologi pertanian sebenarnya ada begitu banyak seperti istilah yang saya gunakan diatas, namun saya akan sedikit menulis disini pokok pikiran tersebut. Pertama adalah tumbuhan sangat vital bagi manusia dimana tidak bisa diganti oleh sintesis. Kedua adalah tanaman untuk bisa tumbuh harus memiliki kandungan air dan suhu pada lingkungan. Karena iklim terutama curah hujan menentukan pertumbuhan sedangkan suhu menentukan penyebaran dari tanaman itu.
Terdapat beberapa unsur-unsur iklim antara lain :
1.      Ketersedian caha sebagai sumber energi yang akan meningkatkan suhu tubuh tanaman.
2.      Ketersedian CO2 dan O2 di atmosfer dan H2O di dalam tanah akan mempengaruhi proses metabolisme dimana bahan itu akan digunakan untuk proses fotosintesis tanaman.
3.      Kodisi fisik tanah dan unsur hara tergantung pelapukan atau kerusakan yang terjadi karena cuaca jangka panjang yang menentukan pembentukan tanah.
4.      Kecepatan fotosintesis produksi fotosintat dan respirasi ditentukan oleh suhu daun dan suhu organ. Matahari adalah sumber utama energi dan dampak adalah suhu yang menentukan masa panen.
5.      Populasi hama dan penyakit yang menentukan serangan dan waktu pengendalian, pemberantasan adalah iklim terutama cuaca.
Kita akan masuk ke difinisi klimatologi pertanian terutama dalam batasan dimana klimatologi pertanian terdiri dari 3 kata = Iklim, Klimatologi dan Pertanian. Selain itu ada juga Cuaca, dan Atmosfer.
·         Iklim adalah karekter sintesis atau nilai statistik  cuaca jangka panjang suatu wilayah atau lingkungan. Ditentukan dengan adanya curah hujan berupa jumalah curah hujan dan distribusi curah hujan.
·         Klimatologi adalah ilmu yang mempelajari iklim.
·         Pertanian adalah kegiatan atau ilmu tentang pengolahan dan budidaya tanaman atau ternak pada sebidang lahan atau suatu wilayah yang luas
·         Klimatologi pertanian adalah pembahasan berbagai aspek iklim yang berhubungan dengan pertanian.
·         Cuaca adalah keadaan sesaat atau sehari.
·         Atmosfer adalah selimut gas tebal yang secara menyeluruh menutupi bumi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari diskusi bareng