Sabtu, 06 September 2014

TUGAS Biologi (Pengamatan lingkungan sekitar)

PENGAMATAN LIMBAH DI LINGKUNGAN SEKITAR KITA

Limbah industri rumah tangga berdampak pada pencemaran lingkungan diantaranya adalah air bekas rumah tangga/ produksi yang mengandung kotoran atau bahan pencemar yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan akibat zat kimia yang tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme yang ada pada lingkungan kita
Belum lagi asap dari pembakaran limbah rumah tangga yang kadang dibakar sembarang tempat dan hal itu menyebabkan kadar pulusi udara di Desa saya, sehubungan dengan hal itu maka kami selaku warga yang paham dan sadar akan lingkugan yang bersih maka kami adakan pengamatan guna untuk memperbaiki taraf lingkungan yang baik kedepanya.
Di bawah ini adalah hasil pengamatan kami selama pengumpulan data yang akan kami bahas
Limbah yang kami amatai adalah :
Plastik
Kertas
Kayu
Kaca/ Besi
Tanaman petani
Gas Co2dan lain-lain
Cair Rt

Tempat pertama desa Dusun Sruni Desa Pesantren
NO
Nama limbah
Jenis
Jumlah kira % dalam lingkungan
1
Plastik
Anorganik padat
10 %
2
Kertas
Anorganik padat
4 %
3
Kayu
Organikpadat
26 %
4
Kaca/ Besi
Anorganik padat
2 %
5
Tanaman petani
Organik padat
20 %
6
Gas Co2dan lain-lain
Gas
5 %
7
Cair Rt
Cair
5 %




Tempat kedua Dusun Baniara Desa Pesantren
NO
Nama limbah
Jenis
Jumlah kira % dalam lingkungan
1
Plastik
Anorganik padat
12 %
2
Kertas
Anorganik padat
3 %
3
Kayu
Organik padat
20 %
4
Kaca/ Besi
Anorganik padat
5 %
5
Tanaman petani
Organik padat
35  %
6
Gas Co2dan lain-lain
Gas
7 %
7
Cair Rt
Cair
5 %

Dari data yang kami dapat diatas menunjukan bahwa masih belum terlalu membahayakan bagi manusia namun dari data tersebut menunjukan bahwa lingkungan dari tiga tempat tadi sudah mengalami pencemaran lingkungan oleh limbah-limbah para penduduk seperti limbah padat, cair dst.
Limbah yang mendominsai dari pengamatan tersebut adalah limbah tanaman petani yang banyak saya temuka di jalan-jalan desa namun limbah ini tidak berbahaya karena akan didarulang lagi oleh para petani setempat. Dan limbah yang paling sedikit dari pengamatan kami didua Desa tersebut adalah adalah kertas mungkin ini disebabkan karena daerah kami bukan daerah yang padat penduduk dan tingkat pengunaan kertas sendiri agak jarang. Untuk pengolahan limbah cair di daerah saya belum banyak yg dapat dilakukan dalam arti langsung di buang di saluran pembuangan desa yang saya lihat sangat kotor dan berbau tidak enak namun untuk limbah plastik dan logam didaerah kami kecenderungan untuk menjualnya lagi di tukang rongsok namun jika plastik itu bekas makanan maka kami lagsung imisiatif membakar dan membuag di mana sebaiknya.
Semoga pengamatan yang kami lakukan dapat ditindak lanjuti sebagai mana mestinya karna siapa lagi yang akan menjaga lingkungan kita masing-masing. Dan ini saya akan sedikit menayangkan foto pencemaran limbah didaerah saya

Gambar aliran sungai yang tercemar limbah pertanian
Pengamatan yang kami lakukan berdasarkan praktik langsung ditempat melalui proses pengamatan dan observasi lingkungan dari masing-masing tempat menunjukan hasil yang berbeda-beda sesuai dengan tempat yang di amati. Namun hal tersebut belum tentu karena dalam hal ini kami belum terlalu ahli namun itulah hasil yang kamidapat.
Pencemaran yang terjadi dilingkungan sekitar kita bukan sekedar terjadi semata-mata karena limbah rumah tangga namun ada hal yang lain seperi pencemaran limbah pertanian entah itu sampah plastik bekas pembungkus obat pastasida dll dan bahkan kotoran hewan yang jatuh di jalan desan karna ulah manusia juga

Dewasa ini kita sebagai generasi yang nantinya akan mewarisi tanah leluhur kita hendaknya akan menjaga kebersihan dan pencemaran lingkungan demi menyongsong masadepan kita dan anak cucuk kita kelak nanti.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari diskusi bareng