Sabtu, 06 September 2014

Tugas PKN (Wawancara Politik desa)

POLITIK DESA
Nama narasumber      : Samsudin, SIK
Jenjang Sekolah          : S1 di Universitas STPMD (KPMD)

Tanya jawab mengenai  Politik Desa
Tempat Desa Wanaraja, Kecamatan Wanaraja Kabupaten Banjarnegara
Pertanyaan :
1.      Apakah warga desa Wanaraja semua tau akan politik dari kalangan muda sampai tua?
Jawaban : menurut pandangan narasumber untuk pemaham dari politik itu sendiri banyak di dapat melalui media masa namaun hanya 50% dari yang tau mengenai politik namun itu juga di masih dibagi kedalam 2 kelompok masarakat yang hanya tau dan masyarakat yang mengerti dan berbanding 20% : 30% itu disebabkan karena masyarakat desa yang mayoritas adalah petanai mereka banyak beranggapan apasih “gunanya berbicara masalah politik”.
2.      Apakah peran dari pemimpin struktural dan non struktural dalam desa?
Jawaban : untuk pemimpin struktural sendiri itu juga penting namun kurang mempengaruhi masyarakat  awam hanya sebatas nama jabatan tetapi dibandingkan dengan pemimpin non struktural malah cenderung mempengaruhi masyarakat kali ini yang dimaksud adalah tokoh desa.
3.      Dari tokoh masyarakat sendiri apakah mereka paham akan politik?
Jawaban : dari pandangan narasumber sebagaian besar tokoh masyarakat itu paham , malah kecenderungan itu banyak terjadi di tokoh agama karena dalam memimpin dan merekrut angota calan angota itu mudah, ini terbukti dalam penyampaian entah itu dalam pengajian atau yang lain,
4.      Untuk masyarakat sendiri apakah perlu dilakukan pemahaman mengenai budaya politik?
Jawab : dari pandangan narasumber perlu diadakanya budaya politik desa contohnya saja dalam rapat tingkat Rt ketika akan mengambil keputusan dalam menentukan sesuatur urusan jika para masyarakat tidak tau menengenai budaya politik maka para msyarakat cenderung ikut-ikutan dalam pengambilan keputusan bukan dari hati nurinya masing-masing itupun contoh yangg sangat sederhana.
5.      Apakah dari tokoh (pamong) masyarakat itu sendiri pernah melakukan sosialisai mengenai budaya politik pada masyarakat?
Jawaban : pernah malah sering kadang-kadang malah mengajari untuk berpolitk dalam hal ini pamong juga berkewajiban untuk mengambil keputusan desa.
6.      Hal apa yang perlu dilakukan demi berlangsungya atau terwujudnya budaya politik desa?

Jawaban : melalui program sosialisai yang dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarkat itu sendiri dan ini banyak dilakukan dalam pertemuan-pertemuan seperti rapat desa dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari diskusi bareng