Sabtu, 06 September 2014

Laporan Praktikkum (Tentang Karika)

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil rempah-rempah dan tanaman yang subur, sebagian besar mata pencaharian masyarakat di Indonesia adalah petani. Seperti di dataran tinggi Dieng yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
Dieng merupakan salah satu dataran tinggi di Indonesia yang terletak 2.200 m di atas permukaan `air laut, terletak 25 km utara kota Wonosobo, 120 km barat laut Semarang. Tanahnya yang subur membuat buah dan sayur langka tumbuh baik di daerah ini, salah satunya adalah buah Carica.
Carica mulai dibudidayakan di dataran tinggi Dieng dikarenakan komoditas ini sangat potensial untuk dikembangkan. Carica merupakan buah yang mirip dengan buah pepeya. Bedanya jika buah pepaya lebih dikenal dengan tumbuhan tropis yang memerlukan banyak panas dan matahari,sedangkan carica merupakan keluarga pepaya yang hanya bisa tumbuh di dataran tinggi serta memerlukan temperatur dingin dan banyak hujan. Komoditas ini sangat cocokdengan iklim di Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo.
Tanaman Carica Dieng (Carica candamarcensis Hok) merupakan salah satu famili dari caricaceae yang hanya dapat dijumpai di dataran tinggi Dieng. Tanaman carica berasal dari kepulauan Candamar di Amerika Tengah dan dijupai juga di Brasilia. Di dataran tinggi Dieng buah carica sering disebut kates Dieng, Gandul dieng, Pepaya Dieng atau Carica. Buah carica memiliki aroma yang khas, harum, segar, daging buah kenyal dan hanya dapat dikonsumsi setelah dilakukan pengolahan, dapat berupa minuman buah (carica in syrup atau cacktal), selai, jus, manisan. Dari bebarapa olahan carica yang paling populer saat ini adalah Carica In Syrup. (Brousur Nidafood Wonosobo)

B.     Profil Perusahaan
UD. NIDA adalah perusahaan rumahan atau disebut juga home industry yang didirikan pada tahun 2004 dan dikelola oleh Ibu Solihatin  Anisa. Nidafood merupakan usaha yang bergerak dibidang pengolah hasil pertanian yang mengelolah makan dan minuman yang berbahan baku lokal. Macam-macam hasil pertanian seperti carica dan kentang.
Awalnya Nidafood hanya memproduksi berbagai macam keripik. Produk unggulanya adalh keripik kentang. Seiring berjalannya waktu Nidafood mengembangkan usahanya dengan memproduksi “Carica In Syrup”, tepatnya dimulai memproduksi pada tanggal 18 Februari 2012. Nidafood merupakan nama perusahaan dan memiliki merk dagang “ND Food”, selain itu Nidafood juga sudah seringkali mengikuti pameran lokal, nasional, maupun internasional. Nidafood telah mengikuti berbagai pameran internasional diberbagai negara diantaranya adalah Malaysia, Singapura, Kamboja dan yang terakhir adalah di China.
Selain memproduksi Carica In Syrup dan keripik kentang, kali ini Nidafood memproduksi produk barunya yaitu snack sarang madu. Produk baru sarang madu ini akan terus dikembangkan agar menjadi produk unggulan seperti carica dan keripik kentang. Saat ini Nidafood memiliki karyawan sebayak 15 orang.
Lokasi perusahaan cukup setrategis karena:
a.       Bahan baku yang melimpah dan dekat.
b.      Tenaga kerja yang berpengalaman dalam pengolahan carica ataupun kentang.
c.       Dekat dengan lokasi pemasaran produk seperti di toko-tok maupun di pasar.
d.      Detail lokasi:
Nama tempat industri       : UD. NIDAFOOD
Alamat tempat industri     : Wonosobo
Jalan                                : Jalan Raya Dieng Km 4 Wonosobo
Desa/kelurahan                 : Maggisan Indah -  Mudal
Kecamatan                       : Mojotengah
Kabupaten                        : Wonosobo
Provinsi                            : Jawa Tengah
Telepon                            : 081 327 309 369

C.    Tujuan
Adapun tujuan yang ingin dicapai selama melaksanakan Praktik Kerja Industri adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui cara mengolah buah carica dengan benar
2.      Menerapkan sistem GMP dan menanamkan nilai jual.
3.      Melatih diri dalam bidang industri
4.      Melatih mental dan keperibadian
5.      Memperluas dan memperdalam pengetahuan.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA


A.    Aspek Biologis Buah Carica
Carica adalah keluarga pepaya yang hanya dapat tumbuh di pegunungan atau dataran tinggi (di atas 140 m di atas permukaan air laut). Oleh sebab itu carica sering disebut sebagai montain pepaya, “pepaya pegunungan”. Buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Serikat ini kini telah menyebar luas dan banyak ditanam di daerah tropis termasuk Indonesia. Dieng yang berada di kabupaten Wonosobo merupakan salah satu wilayah dimana tanaman carica dapat tumbuh subur.
Carica yang sering juga disebut pepaya gunung, juga merupakan tanaman yang memiliki pohon kecil/perdu yang tidak berkayu, mirip dengan pepaya biasa (Carica papaya L.) tetapi mempunyai cabang yang lebih banyak dan berukuran sama. Tinggi rata-rata adalah 1 - 2 meter, dan buahnya berbentuk bulat telur dengan ukuran panjang 6-10 cm dandiameter 3 - 4 cm. (Anonim)

B.     Aspek Marfologi Buah Carica
Buah yang matang berbentuk bulat telur sungsang dengan ukuran 6 - 15 cm x 3 - 4 cm, dagingnya keras berwarna kuning jingga, rasanya agak asam tetapi harum, disekeliling rongganya terdapat banyak sekali gigi yang terbungkus oleh sarkotesta yang putih dan beraiar. Buahnya mengandung getah dan getah ini akan semakain berkuarang apabila mendekati kematangan. Getah ini mengandung papain yang bersifat protolitik.
Pepaya gunung atau caraica merupakan sumber kalsium, gula, vitamin A dan C. Carica mengandung banayak minyak atsiri yang merupakan turunan dari asam lemak. Buah caraica dapat dijadikan syrup, jus, manisan dan selai.buah ini cocok dimakan oleh oraang yang memiliki pewrut lemah terhadap buah-buahan, karena caraica neniliki sifat memperbaiki pencernaan. Daging buahnya juga dapat dimakan segar. Di Jawa, buah ini dijual kepada wisatawan, untuk dikonsumsi dikalangan setempat dan dikalengkan. Di Amerika Serikat buah ini dijadikan minuman ringan non alkohol (Anonim)


  1. Kegunaan Buah Carica
Carica banyak diolah menjadai syrup seperti halnya “carica in syrup”. Pada umumnya buah carica memiliki khasiat dapat membantu untuk memperlancar pencernanan makanan. Selain itu carica juga memiliki banyak khasiat dan beberapa diantaranya adalah
1.      Carica banyak mengandung enzim papain yaitu enzim yang berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Enzim papein dalam buah carica mampu mencerna zat sebanyak 35 kali dari ukurannya sendiri. Itulah kenapa walaupun kandungan protein dalam buah carica tidak terlalu tinggi (4 – 6 gram) namun hampir seluruhnya dapat diserap oleh tubuh dan sangat berpengaruh terhadap produksi hormon pertumbuhan manusia bahkan penelitian baru-baru ini  menunjukan kandungan arginin pada buah carica dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara.
2.      Kandungan papain dalam buah carica juga memiliki sifat antiseptik dan membantu mencegah perkembangan bakteri yang merugikan di dalam usus. Membantu menormalkan ph usus sehingga keadaan flora ususpun menjadi normal.
3.      Kandungan vitamin C pada buah carica lebih tinggi dari pada kandungan vitamin C pada buah jeruk. Carica juga memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dari pada wortel. Selain itu carica juga kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E yang tentunya baik untuk kesehatn manusia.
4.      Mencegah penyakit jantung, karena carica merupakan suber antioksidan, juga merubah oksidasi kolesterol di dalam jantung dan masalah ini dapat dicegah dengan memanfaatkan buah carica. Jadi buah carica dapat menurunkan kadar kolesterol dalm jantung.
5.      Memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena kandungan vitamin A dan vitamin B dalam buah carica yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat dan kuat, maka dengan mengkonsumksi caraica akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit seperti pileg, batuk dan flu.
6.      Anti inflamasi, selain mengandung enzim papain caraica juga mengandung enzim cymo papain sehingga membantu dalam menyembuhkan luka. Orang yang menderita kondisi ini harus memasukan buah carica dalam pola makan harian.
7.      Meningkatkan kesehatan paru-paru, vitamin A dalam buah carica sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki paru paru lemah, seperti bronchitis dan kanker. Ini adalah manfaat terbaiak buah carica bagi kesehatan manusia.
Dengan mengkonsumsi buah carica secara teratur maka akan mendapatkan secara maksimal manfaat dari buah pepaya untuk kesehatan tubuh manusia. (Pekerti, Widia, dkk.2005).



BAB III
METODE PENLITIAN


A.    Waktu Pelaksanaan
Prakerin dilaksanakan mulai tanggal 17 Desember 2012 - 17 Februari 2013.

B.     Tempat Pelaksanaan
Praktik kerja industri ini dilaksanakan di UD.NIDAFOOD, Jalan Raya Dieng KM 4 Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

C.    Metode Pengambilan Data
1.  Wawancara
Melakukan wawancara langsung dengan pembimbing prakerin dan narasumber untuk pengambilan data.
2.  Literatur
Penyusun mengumpulkan beberapa data dari berbagai sumber buku dan internet untuk sumber dan bukti ilmiah.
3.  Pengamatan
Dengan melakukan pengamatan langsungke lapangan untuk dapat mengambil data yang lebih nyata, rinci dan digunakan sebagai bahan pembuaan laporan.


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
(Selayaknya pembaca membuat pembahasan sendiri biar ilmu yang didapat meresap)

BAB V
KESIMPULAN
(Selayaknya pembaca membuat kesimpulan sendiri biar ilmu yang didapat meresap)

DAFTAR PUSTAKA


Anisa, sholihatin. 2010. Usaha Dagang (UD) Trading Enterprise Nida Wonosobo. Wonosobo : NIDAFOOD
Anonim. 2013. Aspek Biologis Dan Marfologis Buah Carica. (Online). http://wikipediabahasaindonesia.com/. Diakses pada 16 juni 2013

Pekerti, Widia, dkk. 2005. Khasiat Buah Carica. Jakarta : Pusat Carica In Syrup

1 komentar:

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan PUPUK ORGANIK TANAMAN untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www.tokopedia.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus

Mari diskusi bareng