Rabu, 28 Januari 2015

Apa perbedaan ruang lingkup yang dipelajari dalam fisiologi tumbuhan, fisiologi tanaman, dan agronomi

Apa perbedaan ruang lingkup yang dipelajari dalam fisiologi tumbuhan, fisiologi tanaman, dan agronomi
Fisiologi tumbuhan merupakan salah satu cabang biologi yang mempelajari tentang proses metabolisme yang terjadi di dalam tumbuhan yang menyebabkan tumbuhan tersebut dapat hidup. Fisiologi tumbuhan mengkaji tentang metabolisme pada organisme tergolong monera, sabagian protista (beberapa ganggang dan lumut), fungi (jamur) dan plantae (Benyamin Lakitan dalam kutipan rangkuman buku Dasar-dasar fisiologi tumbuhan halaman 1 dan 2 cetakan pertama  November 1993 dan cetakan kedua Oktober 1995)
Fisiologi tanaman merupakan cabang fisiologi tumbuhan yang mengkaji proses metabolisme pada tanaman budidaya, jadi tidak tergolong monera, protesta, dan jenis-jenis fungi serta tumbuhan tingkat tinggi yang tidak dibudidayakan, karena setiap budidaya tanaman mengharapkan hasil yang dapat dimanfaatkan oleh manusi. Maka sepatuhnya fisiologi tanaman lebih mengarah pada proses metabolisme yang berkaitan dengan pembentukan dan perkembangan organ hasil. (Benyamin Lakitan dalam kutipan rangkuman buku Dasar-dasar fisiologi tumbuhan halaman 3 cetakan pertama  November 1993 dan cetakan kedua Oktober 1995)

Agronomi menurut Sumantri (1980), agronomi adalah ilmu yang mempelajari segala aspek biofisika yang berkaitan dengan usaha penyempurnaan budidaya tanaman untuk memperoleh produksi fisik secara maksimal. Sedangkan menurut Sri Setya Hadi (1986), agronomi adalah cara pengelolan tanaman pertanian dan lingkungan untuk memperoleh produksi yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari diskusi bareng