Kamis, 28 Mei 2015

Rangkuman Ilmu Budaya Dasar dan Etika Profesi

Rangkuman Ilmu Budaya Dasar dan Etika Profesi

A.       Pengetian Ilmu Budaya Dasar
Kelompok ilmu yg diharapkan dpt membantu kepekaan manusia berkenaan dg lingkungan alamia.
Ilmu gabungan untuk memecahkan masalah yg dihadapi manusia sbg makhluk yg berbudaya, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, makhluk Individu dan makhluk sosial  manusiawi.
B.       Manfaat mempelajari Ilmu Budaya Dasar
Meningkatkan ketakwaan terhadap TME, cerdas, trampil, tinggi budi pekertinya, kuat kepribadiannya, tebal semangat kebangsaannya bertanggung jawab membangun bangsa.
Kekayaan manusia yg membedakan dg mh lainnya adalah AKAL DAN BUDI timbul cipta, karsa dan rasa.
C.       Tujuan mempelajari Ilmu budaya dasar.
Lebih peka dan terbuka terhadap masalah dan budaya serta bertanggungjawab terhadap masalah tersebut.
Lebih sadar terhadap nilai-nilai hidup dalam masyarakat, hormat menghormati dan simpati pada nilai-nilai lain yang hidup di masyarakat.
Mampu mengembangkan daya kritis terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan dan kebudayaan.
Menambah kemampuannya untuk menanggapi masalah nilai-nilai budaya dlm masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terikat oleh disiplinnya
Lebih mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun terutama di bidang perkebunan dan memenuhi tuntutan Tri dharma PT.

Komunikasi Yang Efektif
A.   Pengertian Komunikasi
               Komunikasi adalah Segala bentuk interaksi dengan orang lain. Komunikasi juga dapat diartikan sebagai upaya menyampaikan pesan, pendapat, perasaan, berita atau informasi kepada orang lain.
B.   Unsur-unsur komunikasi
1.Komunikator
2.Media komunikasi
3.Pemahaman bersama
4.Pesan komunikasi
5.Komunikan
6.Gangguan
7.Situasi

              
Komunikator adalah orang yang menyampaikan isi pernyataannya kepada komunikan.
               Media komunikasi adalah Saluran atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan atau jalan yang dilalui feedback komunikan kepada komunikator .
               Pemahaman bersama adalah pengantar pesan maupun penerima pesan mengerti bagaimana cara berkomunikasi.
               Pesan komunikasi adalah Setiap stimulus / rangsangan pesan yang diberikan dari suatu sumber akan direspon dengan cara tertentu oleh pihak yang menerimanya pesan yang dikomunikasikan biasanya pesan yang memberikan informasi yaitu mengandung peristiwa, data, fakta atau penjelasan dan yang mempunyai arti.
Komunikan adalah orang yang menerima pesan dari komunikator.
               Gangguan adalah Segala sesuatu yang menghambat atau mengurngi kemampuan kita untuk mengirim dan menerima pesan.Gangguan komunikasi dapat dari pengacau indera dan faktor pribadi .
               Situasi adalah Komunikasi dapat terjadi dalam situasi tempat, waktu, cuaca, iklim dan keadaan alam serta psykologi tertentu .Situasi dapat mempengaruhi jalannya dan tentunya hasil komunikasi .


C.   Macam Komunikasi
a.       Penyampaian Pesan : Lisan, Tertulis, elektronik
b.      Keresmian  pelaku komunikasi
c.       Kemasan Pesan : Verbal, non verbal
d.      Pasangan  komunikasi : Intrapersonal, Interpersonal)
e.       Pengaruh budaya dalam komunikasi
f.       Perbedaan budaya akan mempengaruhi keefektifan dalam komunikasi
g.      Budaya kebun berbeda dengan budaya kampus.

D.   Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran komunikasi
a. Pengetaqhuan
b.Pengalaman
c.Intelegensi
d. Kepribadian
e. Biologis
f. Halangan komunikasi
¡  Halangan Interpersonal
¡  Persepsi
¡  Status Orang yang Berkomunikasi
¡  Sikap Defensif
¡  Asumsi
¡  Bahasa

E.    Bentuk Komunikasi
1.      Verbal  : Informasi  disampaikan secara verbal atau lisan
2.       Non Verbal : Informas disampaikan dengan menggunakan isyarat, gerak-gerik, sesuatu barang, waktu, dan lain lain.
               Jadi yang di namakan komunikasi yang efektif berarti Penerimaan pesan oleh reciever sesuai dengan pesan yang dikirim oleh sender, kemudian reciever memberikan respon yang positif sesuai dengan yang diharapkan.
Cara membangun komuniokasi yang efektif sebagai berikut :
¡  Gunakan kalimat yg seefektif mungkin .
¡  Jangan mengungkapkan pengulangan ide.
¡  Jangan berbicara terlalu lambat .
¡  Hindari gumaman yg terlalu sering .
¡  Hindari humor yg tidak perlu.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari diskusi bareng