Rangkuman Ilmu
Budaya Dasar dan Etika Profesi
A.
Pengetian Ilmu Budaya Dasar
Kelompok ilmu yg diharapkan dpt membantu kepekaan manusia berkenaan
dg lingkungan alamia.
Ilmu gabungan untuk memecahkan masalah yg dihadapi manusia sbg
makhluk yg berbudaya, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, makhluk Individu dan makhluk
sosial manusiawi.
B.
Manfaat mempelajari Ilmu Budaya Dasar
Meningkatkan ketakwaan terhadap TME, cerdas, trampil, tinggi budi
pekertinya, kuat kepribadiannya, tebal semangat kebangsaannya bertanggung jawab
membangun bangsa.
Kekayaan
manusia yg membedakan dg mh lainnya adalah AKAL DAN BUDI timbul cipta, karsa
dan rasa.
C.
Tujuan mempelajari Ilmu budaya dasar.
Lebih peka dan terbuka terhadap masalah dan budaya serta bertanggungjawab
terhadap masalah tersebut.
Lebih sadar terhadap nilai-nilai hidup dalam masyarakat, hormat
menghormati dan simpati pada nilai-nilai lain yang hidup di masyarakat.
Mampu mengembangkan daya kritis terhadap persoalan-persoalan kemanusiaan
dan kebudayaan.
Menambah kemampuannya untuk menanggapi masalah nilai-nilai budaya
dlm masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terikat oleh disiplinnya
Lebih mampu memenuhi tuntutan masyarakat
yang sedang membangun terutama di bidang perkebunan dan memenuhi tuntutan Tri
dharma PT.
Komunikasi Yang Efektif
A. Pengertian Komunikasi
Komunikasi
adalah Segala bentuk interaksi dengan orang lain. Komunikasi juga dapat
diartikan sebagai upaya menyampaikan pesan, pendapat, perasaan, berita atau
informasi kepada orang lain.
B. Unsur-unsur komunikasi
1.Komunikator
2.Media
komunikasi
3.Pemahaman
bersama
4.Pesan
komunikasi
5.Komunikan
6.Gangguan
7.Situasi
Komunikator
adalah orang yang menyampaikan isi pernyataannya kepada komunikan.
Media komunikasi adalah Saluran
atau jalan yang dilalui oleh isi pernyataan komunikator kepada komunikan atau
jalan yang dilalui feedback komunikan kepada komunikator .
Pemahaman bersama adalah
pengantar pesan maupun penerima pesan mengerti bagaimana cara berkomunikasi.
Pesan komunikasi adalah Setiap
stimulus / rangsangan pesan yang diberikan dari suatu sumber akan direspon
dengan cara tertentu oleh pihak yang menerimanya pesan yang dikomunikasikan
biasanya pesan yang memberikan informasi yaitu mengandung peristiwa, data,
fakta atau penjelasan dan yang mempunyai arti.
Komunikan
adalah orang yang menerima pesan dari komunikator.
Gangguan adalah Segala sesuatu
yang menghambat atau mengurngi kemampuan kita untuk mengirim dan menerima
pesan.Gangguan komunikasi dapat dari pengacau indera dan faktor pribadi .
Situasi adalah Komunikasi dapat
terjadi dalam situasi tempat, waktu, cuaca, iklim dan keadaan alam serta
psykologi tertentu .Situasi dapat mempengaruhi jalannya dan tentunya hasil
komunikasi .
C. Macam Komunikasi
a. Penyampaian Pesan : Lisan, Tertulis, elektronik
b. Keresmian pelaku komunikasi
c. Kemasan Pesan : Verbal, non verbal
d. Pasangan komunikasi :
Intrapersonal, Interpersonal)
e. Pengaruh budaya dalam komunikasi
f. Perbedaan budaya akan
mempengaruhi keefektifan dalam komunikasi
g. Budaya
kebun berbeda dengan
budaya kampus.
D. Faktor-faktor yang
mempengaruhi kelancaran komunikasi
a. Pengetaqhuan
b.Pengalaman
c.Intelegensi
d. Kepribadian
e. Biologis
f. Halangan komunikasi
¡ Halangan Interpersonal
¡ Persepsi
¡ Status Orang yang
Berkomunikasi
¡ Sikap Defensif
¡ Asumsi
¡ Bahasa
E. Bentuk Komunikasi
1. Verbal : Informasi
disampaikan secara verbal atau lisan
2. Non Verbal : Informas disampaikan dengan
menggunakan isyarat, gerak-gerik, sesuatu barang, waktu, dan lain lain.
Jadi
yang di namakan komunikasi yang efektif berarti Penerimaan pesan oleh reciever
sesuai dengan pesan yang dikirim oleh sender, kemudian reciever memberikan
respon yang positif sesuai dengan yang diharapkan.
Cara
membangun komuniokasi yang efektif sebagai berikut :
¡ Gunakan
kalimat yg seefektif mungkin .
¡ Jangan
mengungkapkan pengulangan ide.
¡ Jangan
berbicara terlalu lambat .
¡ Hindari
gumaman yg terlalu sering .
¡ Hindari
humor yg tidak perlu.
Semoga bermanfaat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari diskusi bareng